Ide cerdas dan penuh gaya menata ruang cuci pakaian

This Domain For Sale Contact me if u want buy. [email protected]

Di mana anda biasanya menempatkan mesin cuci di dalam rumah? Ada beberapa tempat dimana orang biasanya menempatkan mesin cuci seperti misalnya di dekat kamar mandi, dapur atau dekat tempat menjemur pakaian.

Bagi kita yang memiliki rumah minimalis memaksa kita untuk menata dengan sedemikian rupa perabot dan barang kita di rumah biar semuanya masuk ruangan dan bermanfaat.

Lalu bagaimana sebenarnya posisi peletakan mesin cuci yang disarankan?

Menempatkan mesin cuci biasanya hanya berdasarkan kenyamanan. Tetapi memprioritaskan kenyamanan kadang faktor estetika tersisihkan. Alhasil tampak amburadul.

Menentukan Lokasi yang Tepat

Sebelum mengatur posisi peletakannya, kita terlebih dahulu harus mengetahui pola aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan mencuci. Kegiatan mencuci pakaian bisa berhubungan dengan aktivitas mandi, menyetrika baju, menata pakaian, memperbaiki/menjahit baju yang rusak, mencuci mobil, dan membersihkan rumah.

Sebenarnya tidak ada salahnya jika menempatkan mesin cuci bergabung dengan ruangan yang lain seperti dapur, kamar mandi, ataupun garasi mobil. Namun jika cermati lebih lanjut, aktivitas mencuci sesungguhnya membutuhkan ruangan tersendiri. Apalagi jika cucian sehari-hari kita sangat banyak.

Di Bawah Tangga

Ruangan khusus mencuci sebenarnya tidak harus memakan banyak tempat. Area di bawah tangga seluas 2 x 3 m juga bisa dirasakan cukup. Ruang mencuci bisa ditata sedemikian rupa sehingga lebih rapi dan menarik. Anda bisa menempatkan kabinet untuk meletakkan perkakas meja setrika, deterjen, pelembut pakaian, hanger, dan pakaian supaya tidak berserakan.

Agar tidak terlalu mencolok, pilihlah warna kabinet yang senada dengan warna mesin cuci. Jika anda memiliki hewan peliharaan, maka anda bisa memaksimalkan fungsi ruang mencuci ini dengan menambahkan semacam tub atau wastafel untuk memandikan mereka. Jika anda kesulitan dalam merombak ruangan ini, bisa kok memanggil jasa renovasi rumah untuk memperbaikinya.

Samping Kamar mandi

Kamar mandi merupakan tempat yang paling sering digunakan untuk menempatkan mesin cuci. Aktivitas mandi memang berkaitan erat dengan kegiatan mencuci pakaian. Kita merasa lebih praktis dan efisien jika pakaian kotor selepas mandi langsung ditaruh di dekat mesin cuci. Agar penampakannya lebih rapi, mesin cuci bisa saja dimasukan ke dalam kabinet.

Satu set kabinet bisa sebagai wastafel, ruang untuk menempatkan mesin cuci, pakaian bersih, meja setrika, deterjen, pelembut pakaian, hanger dll. Penampakannya akan menjadi lebih rapi dan menyerupai lemari pakaian pada umumnya. Karena ruang mencuci ini dekat dengan kamar mandi maka ruangan ini bisa juga dipakai sebagai walk in closet yang menghubungkannya dengan kamar tidur utama.

Di Samping Rumah

Pekerjaan mencuci baju dan menyetrika pakaian merupakan pekerjaan sehari-hari yang relatif membosankan. Anda bisa menciptakan suasana ruang mencuci anda menjadi lebih menyenangkan dengan menambahkan televisi misalnya. Saat mencuci dan menyetrika kini jadi lebih mengasyikan karena anda juga dihibur dengan acara-acara favorit di tv.

Ruang mencuci merupakan area kerja yang lembab oleh karena itu menjadi penting untuk memperhatikan pencahayaan dan sirkulasi udara di ruangan tersebut. Sebaiknya ruangan untuk mencuci bisa mendapatkan akses langsung ke arah luar ruangan. Bisa berupa patio kecil, taman indoor, atau memberi bukaan ke arah halaman samping atau belakang rumah.

Di Ruang Keluarga

Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci bisa dilakukan sambil anda melakukan aktivitas lainnya seperti mengasuh anak, menjahit, mengerjakan tugas atau sekedar santai bersama teman. Oleh karena itu anda bisa mengeluarkan skill secara kreatif menata ruang mencuci anda agar kegiatan rutin ini menjadi lebih menyenangkan. Selain mencuci, bisa juga disambi mengawasi anak dan kegiatan lainnya.

Semoga Ide cerdas dan penuh gaya menata ruang cuci pakaian ini bermanfaat dan bisa menjadikan inspirasi bagi anda.